Membuat Forum Diskusi

Written By Widyawan Sigitmanto on Monday, March 19, 2007 | 3:18 AM

Sudah jam satu malam lewat tiga puluh menit, aku belum tidur. Masih di depan komputer, posting tulisan ke blog, meski cuma copy paste (asal ada sumbernya aja, :) he..he...) dan ngutak-ngatik tampilan blog yang tak kunjung sempurna dan mungkin ga akan pernah sempurna :).

Bingung mau posting apa di blog yang satu ini.....,
Akhirnya aku putusin untuk mengurai sedikit postinganku di GB pondokshabran tentang membuat forum diskusi.

Dengan cuma modal searching di om gugel ketemu dech apa yang di cari (trims om gugel). Meski ga terlalu detail tapi lumayan kok, yang penting kerjakan, insyaAllah jadi tuh forum.
Aku mulai ya (lah tadi ngelindur ya :P......)

Pertama. Forum itu memiliki fungsi semacam GB, Shoutbox dll. Dimana dalam forum, GB dan Shoutbox itu ada unsur interaktif. Bedanya kalo GB itu semacam buku tamu seperti klo kita mengisi Buku Tamu ketika menghadiri kondangan sahabat kita. Cuma dalam perkembangannya digunakan untuk macam2 sama pengunjung kayak GB nya Pondokshabran. Bahkan untuk nawakke doldolan (kata ustadz syam). Shoutbox semisal GB juga, cuma dia lebih terbatas dan letaknya biasanya dah muncul di halaman depan/utama (liat aja contohnya di blogku ini, promosi dikit...). Nah kalo forum itu lebiiih.... lebih apa ya? lebih luas kali ya? luas cakupannya, bahkan forum bisa berdiri sendiri layaknya web, seperti forumponsel (jadi ingat babah nich), kaskus dll atau dia bagian dari suatu web, seperti speedy dengan diskusi pojok kang onno nya, dll. Jadi tentuin dulu, mo di tempatkan di server kita apa di luar server kita.

Kedua. Kalo server kita gede kapasitasnya boleh dech di letakkan di server kita forumnya, tapi kalo kecil, ya mending dipisah atau di luar server kita aja. Maksudnya dipisah, kita punya server lain yang memang khusus buat forum misalnya. Kalo di luar server kita alias kita ga punya banyak server maka alternatifnya pake jasa free hosting forum.

Ketiga. Kalo mo diletakkan di server kita, ya bikin aja scriptnya di server kita atau unduh aja program forum yang bertebaran dan install di server kita seperti di xmbforum, pandumusafir, simplemachines, phpbb dll. kalo yang diletakkan di luar server kita alias kita menggunakan jasa free hosting forum, ya tinggal daftar dan setting forum kita. Seperti di invisionfree, phpbb.

Keempat. Jangan lupa menu forum/diskusi di web kita di pasang. Baik yang letaknya di server kita atau yang di luar server kita kudu kita pasang menunnya (linknya) di web kita, kalo enggak ya percuma, ga ada yang tahu???

Kelima. KERJAKAN!!!!

Mungkin itu aja, kalo bahas teknisnya rada susah je soalnya beda-beda, tergantung kita make program apa? phpbb? xmb? invisionfree kah?

Kalo ada yang salah di benerin ya, soalnya lagi belajar nie, maklum newbe.......



2 komentar:

Newbie said...

Assalamu'alaikum,
Wah, syukron infonya. tapi blum bgitu paham. ntar klo ana kerjakan bkali baru paham yah.. :)

NoeBita said...

tetep gug ngerti...
udah cari-cari cara agar bisa buat forum yang bisa buat thread..
tapi gug nemu"
ada pencerahan?