Contoh DUPAK Penghulu (semi otomatis)

Written By Widyawan Sigitmanto on Thursday, October 11, 2012 | 9:15 PM

Beberapa waktu yang lalu sigit iseng-iseng nyusun Dupak Penghulu, sebenarnya tinggal ganti data aja karena sigit minta file Dupak Penghulu punya temen. Namun contoh file Dupak Penghulu yang dibuat teman-teman kebanyakan dibuat dengan aplikasi microsoft word.

Dalam nyusun Dupak Penghulu banyak data yang sama sebenarnya, mulai dari calon pengantin, tanggal, kampung/desa dan sebagainya. Kalo di ms word data yang sama kita copas tpi klo di aplikasi ms excel bisa kita gunakan fungsi memanggil sumber data, lebih keren lgi klo pake aplikasi ms access ato aplikasi/program lainnya. (sebenarnya ada yang buat tuh, coba cari aja di google hehehehe....)

Sigit bisanya menggunakan ms excel ya akhirnya diutak atiklah Dupak Penghulu itu dengan ms-excel, dicarilah data yang sering diulang, berkaitan, yang bisa diotomatis dll. Setelah dapat baru sigit olah di ms-excel. Ini lah penampakan Dupak Penghulu semi otomatis hehehehe....




Jika tertarik mencicipi boleh diunduh kok, boleh dibagi gratis, boleh diutak atik... ya harus diutk atik karena ini belum sempurna hehehe... -unduh disini-

Sesuaikan ukuran kertasnya, jumlah barisnya kalo kurang ditambah sendiri ya, setelah ditambah jangan lupa copas formula diatasnya. oiya ini cuma untuk 5 form karena 5 form ini yang datanya sering diulang, selebihnya ya manual :-).
 

Form Pendaftaran, kelengkapan administrasi NR
Form Mengolah dan memferikasi data Catin
Form Tanda Bukti Pendaftaran Nikah
Form Materi Pengumuman NR
Form Memimpin Pelaksanaan Akad Nikah

Cara menggunakannya sederhana kok, tinggal isi sheet "Input Data" saja, Maka Sheet "Pendaftar NR", "Mengolah Data" dst akan terisi otomatis tanpa copas lagi.

Ok sekian dulu sharingnya. smoga besok-besok lebih sering update blog ini :)


 

3 komentar:

Unknown said...

Trims trims trims

KUA KECAMATAN BABAKANCIKAO said...

assalaamualaikum, kang sigit bisa kirim file nya via email ga kang? soalnya saya donload ga bisa

Unknown said...

BISA MINTA